Buku

Penilaian: 3 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
Pin It

studi pemekaran Title: Studi Tentang Pemekaran: Pemetaan Problematika Politik, Ekonomi dan Sosial Budaya di Daerah-Daerah Pemekaran Era Reformasi 
Type: Book
Author: Tri Ratnawati (editor), Afadlal, Nyimas Latifah Letty A. 
Publisher: LIPI Press
Year: 2009

Studi Tentang Pemekaran: Pemetaan Problematika Politik, Ekonomi dan Sosial Budaya di Daerah-Daerah Pemekaran Era Reformasi dilakukan dengan memahami konseptualisasi ideal dibalik proses pembentukan kota/kabupaten baru melalui pemecahan wilayah. Konseptualisasi mengambil narasi pengalaman empirik sistem pemerintahan dan kehidupan masyarakat dipadukan dengan rumusan teoritik yang berjalan di negara-negara berkembang. Permasalahan pokok yang menjadi fokus konseptualisasi adalah menyangkut penyelenggaraan desentralisasi politik di kalangan pemerintah dan masyarakat di wilayah administrasi baru, mengingat politisasi dan pemolitikan proses-proses pemekaran yang sangat tinggi.

Pemekaran daerah di era reformasi dengan contoh permasalahan kota Metro dan kabupaten Way Kanan menampilkan wajah genda positif-negatif. Kecenderungan gambar negatif lebih impressif karena penyelenggaraan pemekaran banyak didorong oleh pertimbangan-pertimbangan individual dan jangka pendek. Pembangunan infrastruktur terlihat paling nyata, sementara tujuan desentrasiliasi politik masih terasa jauh. Pemekaran bagaimana pun harus mempertimbangkan pengembangan potensi daerah dan kepentingan strategi nasional.  

Kontak Kami

 

 

Alamat

LIPI Pusat
Sasana Widya Sarwono (SWS)
Jl. Jend. Gatot Subroto 10, Jakarta 12710

 

 

Telepon

+62 21 522 5711      Ext: 1299 & 1292

 

 

Email

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.