Buku

Penilaian: 1 / 5

Aktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
Pin It

cover konflik pilkadaTitle: Konflik Dalam Pilkada Langsung (2005-2008) (Studi Tentang Penyebab dan Dampak Konflik) 
Type: Book
Author: Moch. Nurhasim (editor), M. Hamdan Basyar, R. Siti Zuhro, Wawan Ichwanuddin, Asvi Warman Adam. 
Publisher: LIPI Press
Year: 2009

Pilkada langsung sejak Juni 2005 hingga pada tahun 2008 sebagian besar berjalan lancar dan damai, namun sebagian lainnya diwarnai oleh konflik. Konflik dalam pilkada langsung ini menggambarkan dua sisi kepentingan para aktor yang berbeda, aktor yang kalah dan aktor yang tidak mau kalah.

Aktor yang tidak mau kalah adalah para calon yang “menang” menurut KPUD, sedangkan aktor yang kalah adalah aktor yang tidak dijadikan pemenang oleh KPUD. Aktor-aktor yang kalah ini sering mempersoalkan hasil penghitungan suara yang telah ditetapkan oleh KPUD. Berbagai cara dilakukan, termasuk menempuh jalur hokum-sengketa hasil pilkada.

Kajian ini menyajikan gambaran konflik seputar pilkada langsung, faktor yang memicunya, faktor-faktor yang menyebabkan, perilaku-perilaku elit dan massa dalam konflik, cara-cara penyelesaian yang dilakukan oleh para elit dan institusi-institusi formal dan non-formal. Terpenting dari itu adalah gambaran dampak dan masa depan demokrasi lokal pasca terjadinya perebutan kekuasaan yang disertai oleh pertikaian dan pertentangan politik.

Kontak Kami

 

 

Alamat

LIPI Pusat
Sasana Widya Sarwono (SWS)
Jl. Jend. Gatot Subroto 10, Jakarta 12710

 

 

Telepon

+62 21 522 5711      Ext: 1299 & 1292

 

 

Email

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.