Berita
Pin It
Perkembangan Ilmu Sosial Belum Signifikan Pada Pembangunan Sosial Di MasyarakatDeputi Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Tri Nuke Pudjiastuti (kedua dari kanam). (foto,ones)
 
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - JAKARTA: Perkembangan ilmu sosial belum terlihat pengaruhnya, pada pembangunan sosial di masyarakat secara signifikan. Ilmu sosial belum maksimal dari sisi pengembangan ilmu itu sendiri.

Pendapat itu disampaikan Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Tri Nuke Pudjiastuti, di sela acara International Conference on Social Sciences and Humanities (ICSSH), yang berlangsung di Auditarium LIPI Jakarta, mulai Selasa-Kamis, (23 – 25/10/2018).

Dikatakannya, pengembangan ilmu sosial tidak dibangun secara baik. Kendati, rujukannya diperoleh dari luar negeri. Di sisi lain, lanjutnya, tidak sedikit adanya pesanan proyek penelitian, yang hanya untuk kepentingan sesaat.

Sehingga, membuat ilmu sosial tidak berkembang Sementara, untuk sisi pendanaan, dinilainya juga masih kurang mendukung.

"Pendanaan penelitian ilmu sosial, memang tidak bisa disamakan dengan penelitian non sosial," ujarnya. Penelitian non sosial, imbuhnya, memang memerlukan sejumlah sarana, yang membutuhkan dana relatif besar.

"Inilah tantangannya," kata dia. Pasalnya, posisi ilmuwan sosial dan humaniora memiliki peran strategis dalam memberikan pencerahan dan mendorong kesadaran masyarakat.

“Selain menelaah wacana yang berkembang dalam ranah teoretis, ilmuwan sosial dan humaniora juga dituntut untuk mampu membantu menyelesaikan beragam persoalan bangsa,” tuturnya.

Dijelaskannya pembaharuan isu-isu terkait ilmu pengetahuan sosial dan humaniora perlu dikembangkan serta didiskusikan secara konsisten. “Kerja-kerja akademik yang dilakukan oleh ilmuwan sosial dan humaniora merupakan bagian penting dalam menjaga kebangsaan untuk membangun Indonesia,” jelasnya.

Editor : Gungde Ariwangsa SH
 

Kontak Kami

 

 

Alamat

LIPI Pusat
Sasana Widya Sarwono (SWS)
Jl. Jend. Gatot Subroto 10, Jakarta 12710

 

 

Telepon

+62 21 522 5711      Ext: 1299 & 1292

 

 

Email

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.