Berita
Pin It

Peserta Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN). Sumber foto: <a href=

Foto: Peserta Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN). 

Elshinta.com - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyebut penerapan ilmu sosial dan humaniora dari para ilmuwan berperan sangat signifikan dalam menyukseskan program-program pembangunan karena dalam praktiknya tidak boleh diabaikan.

'Posisi ilmuwan sosial dan humaniora memiliki peran strategis dalam memberikan pencerahan dan mendorong kesadaran masyarakat," kata Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK) LIPI, Tri Nuke Pudjiastuti di Jakarta, Selasa (23/10), dikutip Antara.

Selain menelaah wacana yang berkembang dalam ranah teoretis, ilmuwan sosial dan humaniora juga dituntut untuk mampu membantu menyelesaikan beragam persoalan bangsa, lanjut Tri Nuke. Ilmu ini memegang peranan signifikan dalam mengembangkan nilai-nilai kehidupan masyarakat dan menunjang karakter kehidupan berbangsa dan bernegara.

Keberadaannya, menurut dia, memiliki sumbangsih penting dalam menerjemahkan pemikiran-pemikiran teoretis dan ide-ide pembangunan yang ideal ke dalam langkah-langkah operasional yang konkret, sehingga program pembangunan dapat diimplementasikan secara nyata sesuai dengan kebudayaan, kondisi dan aspirasi masyarakat.

Karenanya, pembaharuan isu-isu terkait ilmu pengetahuan sosial dan humaniora perlu dikembangkan serta didiskusikan secara konsisten. Kerja-kerja akademik yang dilakukan oleh ilmuwan sosial dan humaniora merupakan bagian penting dalam menjaga kebangsaan untuk membangun Indonesia.

Sumber: https://elshinta.com/news/158943/2018/10/23/lipi-sebut-ilmu-sosial-berperan-signifikan-sukseskan-pembangunan

Kontak Kami

 

 

Alamat

LIPI Pusat
Sasana Widya Sarwono (SWS)
Jl. Jend. Gatot Subroto 10, Jakarta 12710

 

 

Telepon

+62 21 522 5711      Ext: 1299 & 1292

 

 

Email

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.